Mencegah Penyebaran Virus Melalui USB FlashDisk/USB Drive

Virus/worm atau mallware lainnya, selain menyebar melaui jaringan, dapat juga menyebar melalui USB flashdisk atau USB Drive. Salah satu caranya adalah dengan memasukan autorun.inf ke flashdisk/USB drive. Dengan masuknya autorun.inf ke flashdisk kita maka dia akan masukan virus ke komputer kita dan komputer lainnya dengan mejalankan/meng-copy  virus atau malware tersebut ke komputer. Yaaaa pasti dengan begitu seperti reaksi berantai, dari komputer ke flash disk, dilanjutkan dengan dari flashdisk ke komputer... terusss tak berujung. Ditambah dengan antivirus yang tidak bagus dan tidak pernah diupdate.


Salah satu solusi untuk mencegah reaksi berantai karena autorun.inf adalah dengan mematikan fitur autorun pada sistem operasi windows dan membuat/meng-copy file autorun.inf yang kosong ke USB FlashDisk dan menguncinya agar tidak bisa dihapus/diganti oleh autorun.inf yang diproduksi virus/worm/malware.


Panda USB Vaccine adalah utilitas gratis dari Panda Research yang membantu mencegah infeksi malware karena fitur autorun Windows Operating System. Setelah program dijalankan pengguna dapat memilih dua jenis vaksinasi: Computer Vaccination atau USB Drive Vaccination.. USB Vaccine memungkinkan pengguna untuk memvaksinasi PC mereka untuk menonaktifkan autorun tersebut supaya tidak ada program dari setiap USB / CD / DVD drive (terlepas dari apakah mereka sebelumnya sudah divaksinasi atau tidak) dapat otomatis menjalankan suatu program. Ini adalah fitur yang sangat membantu karena tidak ada cara yang mudah sekali cara menonaktifkan autorun pada Windows PC. Panda USB Vaccine can be used on individual USB drives to disable its autorun.inf file in order to prevent malware infections from spreading automatically. Panda USB vaksin dapat digunakan pada setiap USB drive untuk menonaktifkan autorun.inf nya untuk mencegah infeksi malware dari penyebaran secara otomatis.

Untuk Download:

1. Link Langsung


2. Official Site


Semoga Bermanfaat.

0 comments: